• Kamis, 2 Februari 2023

Hasil Survei: Anies-AHY Berpotensi Menang Telak Pilpres 2024

- Rabu, 30 November 2022 | 17:26 WIB
Anies Baswedan bersama AHY (Teropongpolitik.com)
Anies Baswedan bersama AHY (Teropongpolitik.com)

Teropongpolitik.com - Gelaran pemilihan umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden serta Wakil Presiden kian menghangat dikarenakan semakin menguatnya berbagai koalisi yang bermunculan, meskipun deklarasi koalisi resmi belum pernah diumumkan oleh masing-masing partai peserta pemilu.

Oleh karena itu, Lembaga Survei Independen pada tahun ini menggelar survei ketiga sebelum memasuki penghujung tahun 2022. Berdasarkan hasil survei, Lembaga Survei Independen mengklasifikasikan survei pada tiga simuasi.

Klasifikasi pertama, pada simulasi empat pasangan calon, pada simulasi ini Lembaga Survei Independen menempatkan empat nama pasangan yakni; Prabowo-Muhaimin, Anies-AHY, Ganjar-Erick dan Puan Andika.

Baca Juga: AHY Cawapres Paling Berpotensi Memenangkan Anies di Pilpres 2024

"Dalam klasifikasi pertama pada simulasi empat pasangan calon, pasangan Anies-AHY mengungguli tiga pasangan lainnya, dengan rincian Anies-AHY 28,9 persen, Prabowo-Muhaimin 19,7 persen, Ganjar-Erick 17,1 persen dan diposisi keempat Puan-Andika 14,1 persen, sementara 20,2 persen audience belum menentukan pilihan," ungkap Direktur Riset Lembaga Survei Independen (LSI) Fathur Rahman, pada Rabu 30 November 2022.

Pada Klasifikasi kedua, pada simulasi tiga pasangan calon nama Muhaimin dan Panglima TNI Andika Perkasa tidak masuk lagi, pada simulasi ini Lembaga Survei Independen menempatkan tiga nama pasangan yakni; Prabowo-Puan, Anies-AHY dan Ganjar-Erik.

"Pada simulasi tiga pasangan calon, pasangan Anies-AHY masih tetap unggul dari dua pasangan lainnya, pasangan Anies-AHY memperoleh 36,3 persen, Prabowo-Puan 25,1 persen dan Pasangan Ganjar-Erick memperoleh 18,2 persen, sementara yang belum menentukan pilihan sebanyak 20,4 persen," urai Fathur Rahman pada simulasi tiga pasangan calon.

Baca Juga: Hasil Survei: Elektabilitas Koalisi Perubahan Masuk Lima Besar

Sementara, pada klasifikasi ketiga pada simulasi dua pasangan calon Presiden, nama Anies-AHY masih unggul dari pasangan Prabowo-Puan.

Halaman:

Editor: Bobby Darmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Era Jokowi Bisa Jadi Lebih Berbahaya Dari Era Soeharto

Senin, 12 Desember 2022 | 15:54 WIB
X