• Kamis, 2 Februari 2023

AHY Cawapres Paling Berpotensi Memenangkan Anies di Pilpres 2024

- Rabu, 30 November 2022 | 17:23 WIB
Ketua Umum NasDem Surya Paloh bersama Ketua Umum Partai Demokrat AHY (Teropongpolitik.com)
Ketua Umum NasDem Surya Paloh bersama Ketua Umum Partai Demokrat AHY (Teropongpolitik.com)

Teropongpolitik.com - Gelaran pemilihan umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden serta Wakil Presiden kian menghangat dikarenakan semakin menguatnya sejumlah koalisi yang bermunculan, meskipun deklarasi koalisi resmi belum pernah diumumkan oleh masing-masing partai peserta pemilu.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Independen (LSI), menempatkan Anies Baswedan pada puncak elektabilitas capres yang paling kuat pada gelaran pilpres mendatang, hal demikian dapat terjadi jika Koalisi Perubahan bisa rampung sebagai prasyarat untuk mengusung pasangan calon Presiden dan calon wakil Presiden.

"Saat ini, pada survei elektabilitas Anies Baswedan memperoleh hasil survei tertinggi dengan elektabilitas 19,6 persen, disusul oleh Prabowo Subianto di posisi kedua dengan 18,1 persen dan pada posisi ketiga ditempati oleh Ganjar Pranowo 13,2 persen," ungkap Direktur Riset Lembaga Survei Independen (LSI) Fathur Rahman dalam keteranganya, pada Selasa 29 November 2022.

Baca Juga: Hasil Survei: Elektabilitas Koalisi Perubahan Masuk Lima Besar

Namun, dalam kompetisi pilpres faktor pendamping serta partai politik pengusung menjadi faktor penentu untuk kemenangan dalam kontestasi.

"Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Independen, posisi calon Wakil Presiden paling mumpuni dan berpotensi membawa kemenangan, tentu dengan calon wakil Presiden yang memiliki elektabilitas tertinggi pula," urai Fathur Rahman.

Saat ini berdasarkan hasil survei LSI, elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY yang paling tertinggi, disusul oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Baca Juga: Hasil Survei: Elektabilitas Demokrat Naik ke Dua Besar

"AHY mendapatkan 26,4 persen survei elektabilitas sebagai cawapres dan diposisi kedua ditempati oleh Puan Maharani dengan 16,2 persen elektabilitas calon wakil Presiden," papar Fathur Rahman.

Halaman:

Editor: Bobby Darmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Era Jokowi Bisa Jadi Lebih Berbahaya Dari Era Soeharto

Senin, 12 Desember 2022 | 15:54 WIB
X