• Kamis, 2 Februari 2023

Hasil Survei: Elektabilitas Koalisi Perubahan Masuk Lima Besar

- Rabu, 30 November 2022 | 17:19 WIB
Jumat (18/11/2022), Anies Baswedan bertemu sekaligus makan siang setelah sholat Jumat dengan tim kecil ‘Koalisi Perubahan’ di salah satu Restoran Padang di kawasan Jakarta Pusat.
Jumat (18/11/2022), Anies Baswedan bertemu sekaligus makan siang setelah sholat Jumat dengan tim kecil ‘Koalisi Perubahan’ di salah satu Restoran Padang di kawasan Jakarta Pusat.

Teropongpolitik.com - Pemilihan umum (Pemilu) menjadi perhatian yang disoroti publik menjelang tahun pemilu pada tahun 2024. Oleh karenanya, Lembaga Survei Independen (LSI) melakukan survei salah satunya terkait elektabilitas partai-partai politik.

Dalam capaian survei elektabilitas, partai-partai koalisi perubahan yakni Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadlian Sejahtera (PKS) berada pada posisi lima besar.

"Komunikasi publik, Koalisi Perubahan telah berhasil menyita perhatian masyarakat. Sejalan dengan itu, ketiga partai politik yang menginisiasi lahirnya Koalisi Perubahan ini, menuai dampak kenaikan elektabilitas," ungkap Direktur Riset Lembaga Survei Independen (LSI) Fathur Rahman dalam keterangannya, pada Selasa 29 November 2022.

Baca Juga: Hasil Survei: Elektabilitas Demokrat Naik ke Dua Besar

Seperti halnya dengan Partai Demokrat yang berhasil menggeser Partai Gerindra dari posisi kedua, serta Partai NasDem dan PKS menyalip Partai Golkar yang terlempar dari posisi lima besar.

"Meskipun peringkat pertama ditempati oleh PDI Perjuangan dengan 18,2 persen, posisi kedua ditempati oleh Partai Demokrat dengan elektabilitas 14,1 persen, yang menyalip Partai Gerindra yang nyaris stagnan didua survei sebelumnya dengan elektabilitas 11,8 persen, dan pada posisi keempat dan kelima ditempati oleh Partai NasDem dengan 8,2 persen dan PKS 7,4 persen," ulas Fathur Rahman.

"Di posisi keenam di tempati oleh Partai Golkar dengan elektabilitas 7,2 persen dan ketujuh ditempati oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 4,6 persen elektabilitas," lanjutnya.

Baca Juga: Sudah Pakai TikTok 18 Plus Mod Apk? Apa Menariknya, Silahkan Bandingkan!

Survei ini mengambil populasi warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, pada 34 provinsi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Bobby Darmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Era Jokowi Bisa Jadi Lebih Berbahaya Dari Era Soeharto

Senin, 12 Desember 2022 | 15:54 WIB
X