• Kamis, 2 Februari 2023

Hasil Survei: Elektabilitas Demokrat Naik ke Dua Besar

- Rabu, 30 November 2022 | 17:15 WIB
Ketua umum Partai Demokrat saat beri sambutan di pelantikan DPC Demokrat se Jawa Timur (Teropongpolitik.com)
Ketua umum Partai Demokrat saat beri sambutan di pelantikan DPC Demokrat se Jawa Timur (Teropongpolitik.com)

Teropongpolitik.com - Pemilihan umum (Pemilu) menjadi perhatian yang disoroti publik menjelang tahun pemilu pada tahun 2024, oleh karenanya Lembaga Survei Independen (LSI) melakukan survei, salah satunya terkait elektabilitas partai politik.

Pada hasil Lembaga Survei Independen, pemuncak hasil survei masih ditempati oleh PDI Perjuangan, namun perubahan terjadi pada posisi kedua, survei elektabilitas, pada dua survei sebelumnya dibulan April dan Agustus, posisi kedua masih ditempati oleh Partai Gerindra.

Namun saat ini, pada survei ketiga di November tahun 2022 ini, Partai Demokrat berhasil menyalip di posisi kedua, disusul oleh Partai Gerindra pada posisi ketiga, keempat ditempati oleh Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca Juga: Sudah Pakai TikTok 18 Plus Mod Apk? Apa Menariknya, Silahkan Bandingkan!

"Pada survei bulan November ini, peringkat pertama ditempati oleh PDI Perjuangan dengan 18,2 persen, posisi kedua ditempati oleh Partai Demokrat dengan elektabilitas 14,1 persen, yang menyalip Partai Gerindra yang nyaris stagnan di dua survei sebelumnya dengan elektabilitas 11,8 persen," ungkap Direktur Riset Lembaga Survei Independen (LSI) Fathur Rahman dalam keterangannya, pada Selasa 29 November 2022.

"Selanjutnya diposisi keempat ditempati oleh Partai NasDem dengan 8,2 persen, posisi kelima ditempati oleh PKS 7,4 persen, di posisi keenam di tempati oleh Partai Golkar dengan elektabilitas 7,2 persen, dan ketujuh ditempati oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 4,6 persen elektabilitas," urai Fathur Rahman melanjutkan keterangannya.

Namun, dua partai yang saat ini ada di parlemen justru semakin melemah, yakni Partai Amanat Nasiobal (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang hanya meraih elektabilitas dibawah parliamentary threshold sebanyak empat persen.

Baca Juga: Mau Tahu Keunggulan TikTok 18 Plus Mod Apk? Ada Di Sini Penjelasannya, Silahkan Bandingkan!

"Dua partai parlemen, yakni PAN dan PPP, hanya mendapat elektabilitas di bawah empat persen. PAN 2,4 persen dan PPP hanya meraih 2,1 persen," ulas Fathur Rahman.

Halaman:

Editor: Bobby Darmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Era Jokowi Bisa Jadi Lebih Berbahaya Dari Era Soeharto

Senin, 12 Desember 2022 | 15:54 WIB
X