• Senin, 28 November 2022

Bawa Nama Gus Dur, PDIP Ingin Negara Minta Maaf ke Bung Karno

- Jumat, 11 November 2022 | 12:23 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat memberikan sambutan pada Seminar Nasional "Tantangan TNI AU dalam Perkembangan Teknologi Elektronika Penerbangan" di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (8/11/2022). (ANTARA/HO-DPP PDI Perjuangan)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat memberikan sambutan pada Seminar Nasional "Tantangan TNI AU dalam Perkembangan Teknologi Elektronika Penerbangan" di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (8/11/2022). (ANTARA/HO-DPP PDI Perjuangan)

Teropongpolitik.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan pihaknya tetap berharap negara menyampaikan permintaan maaf secara resmi kepada Sukarno atau Bung Karno.

Menurut dia, negara mestinya melihat fakta peran Bung Karno di masa lalu yang dibelokkan selama Orde Baru di bawah rezim Soeharto.

Untuk memuluskan desakan permintaan maaf itu, Hasto mengingatkan hal yang pernah dilakukan Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ke para korban pembantaian pada periode 1964-1965an.

Baca Juga: Resmi! Tiga Provinsi Baru di Papua, Mendagri Lantik Para Pj Gubernur

"Semuanya harus berkaca dengan apa yang dilakukan oleh Presiden Ketiga RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Atas peristiwa tahun 1964," kata Hasto lewat keterangan tertulis, Kamis (10/11).

"Disadari sepenuhnya tak terlepas dari konstelasi perang dingin pada saat itu. Presiden Gus Dur lalu menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga korban 1964," tambahnya.

Gus Dur saat itu tak langgeng memegang kekuasaannya, karena dimakzulkan MPR. Posisinya kemudian digantikan Wakil Presiden saat itu, Megawati Soekarnoputri. Megawati yang juga dikenal sebagai Ketum PDIP dan putri dari Bung Karno itu kemudian menjadi Presiden kelima RI.

Baca Juga: AHY Doakan Korban Tragedi Kanjuruhan, Puan Datangi Lokasi Tragedi Itaewon

Hasto menyinggung perlakuan pemerintah Orde Baru kepada Bung Karno dan keluarganya, termasuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Halaman:

Editor: Bobby Darmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengamat: Duet Anies - AHY Jadi Harapan Rakyat di 2024

Jumat, 18 November 2022 | 21:19 WIB

Lirik Lagu Inka Christie - Rela

Rabu, 16 November 2022 | 09:00 WIB

Cumburu! PDIP: Ada Udang di Balik Batu

Selasa, 15 November 2022 | 14:26 WIB

Bamsoet Ajak HIPKA KAHMI Kembangkan Ekonomi Nasional

Senin, 31 Oktober 2022 | 15:44 WIB
X