• Kamis, 2 Februari 2023

Balitbang Demokrat DKI: Koalisi Demokrat, PKS Dan Nasdem Relatif Stabil Sampai Daftar Pilpres!

- Senin, 24 Oktober 2022 | 12:24 WIB
Rapat Koalisi Partai Nasdem, Partai Demokrat dan PKS. (Twitter Pribadi Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem)
Rapat Koalisi Partai Nasdem, Partai Demokrat dan PKS. (Twitter Pribadi Willy Aditya, Ketua DPP Partai NasDem)

TEROPONGPOLITIK.COM - Arah koalisi partai-partai politik menuju pemilihan Presiden tahun 2024 nanti menjadi salah satu topik yang terus diperbincangkan. Salah satunya datang dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Partai Demokrat DKI Jakarta.

Wakil Kepala Balitbang Partai Demokrat DKI Jakarta, Julwanri Munthe menilai, arah koalisi antara partainya bersama NasDem dan PKS akan relatif stabil sampai dengan saat pendaftaran pilpres mendatang.

Julwanri bahkan yakin, koalisi Nasdem, Demokrat dan PKS bahkan berpotensi menjadi poros yang kuat dan sanggup menarik partai lain untuk ikut bergabung.

"Walaupun pendaftaran capres dan cawapres baru dibuka pada 19 Oktober 2023, waktu masih cukup panjang dan masih banyak kemungkinan maupun dinamika yang akan terjadi," urai Julwanri.

Baca Juga: Faisal Basri Ingatkan Pemerintah Untuk Fokus Instabilitas Nasional Daripada IKN

Koalisi yang kental dengan jargon "Perubahan dan Perbaikan" tersebut, menurut Julwanri, seperti sudah matang dipikirkan sejak awal, karena desainnya sederhana, tidak rumit, namun 'masa pakainya' tidak terbatas.

Salah satu argumennya, masih menurut Julwanri, terkait komposisi kepemilikan kursi di DPR. Demokrat dengan 54 kursi, PKS 50 dan NasDem 59 kursi adalah betul-betul saling membutuhkan untuk saling melengkapi.

"115 kursi minimum, ini yang istilahnya 'kekuatan rata-rata ombak'," tegas Julwanri kepada Teropong Politik, Minggu, 24 Oktober.

Julwanri Munthe menilai, ada tiga alasan mengapa Koalisi Perubahan dan Perbaikan berpotensi dimintai partai lain.

Halaman:

Editor: Dani Priatno PIN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Era Jokowi Bisa Jadi Lebih Berbahaya Dari Era Soeharto

Senin, 12 Desember 2022 | 15:54 WIB
X