• Senin, 3 Oktober 2022

Masika ICMI DKI Dukung Aksi Buruh Menolak UU Omnibus Law

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 19:02 WIB
Amankan Aksi Demo Buruh, Polisi Turunkan Ribuan Personel. (AB Channel)
Amankan Aksi Demo Buruh, Polisi Turunkan Ribuan Personel. (AB Channel)

Teropongpolitik.com - Aksi 1 juta buruh menolak UU Cipta Kerja (Omnibus law) mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan.

Salah satunya Masika (Majelis Sinergi Kalam) ICMI Provinsi DKI Jakarta, mereka juga ikut menurunkan massa dalam aksi gerakan buruh dan menolak UU Omnibus Law ini.

Reiza Patters, Ketua Pengurus Wilayah Masika ICMI Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa gerakan aksi 1 juta buruh menolak UU Omnibus Law ini sejalan dengan nafas perjuangan cendekiawan Muslim untuk membela kaum yang tertindas.

Baca Juga: AHY Kumpulkan 34 Ketua DPD Partai Demokrat untuk Konsolidasi Sebelum ke KPU

Bahwa UU Omnibus Law ini berpotensi mendegradasi kesejahteraan kaum buruh dan menurunkan derajat kepastian atas kehidupan yang layak bagi mereka.

Reiza juga mengatakan, dari 3 komponen UU Omnibus Law, yang paling disoroti oleh kaum buruh atau pekerja adalah UU Ciptaker, yang memuat pasal-pasal kontroversial. Dijelaskannya bahwa ada beberapa poin yang menjadi dasar penolakan, yaitu:

Upah minimum bersyarat

Dalam RUU Ciptaker, Upah Minimum Sektoral (UMSK) dihapuskan dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) dibuat bersyarat dengan memerhatikan laju inflasi atau pertumbuhan ekonomi.

Menurut Reiza sudah tepat penetapan UMSK diberlakukan karena setiap industri memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Kedua UMK sudah tepat ditetapkan melalui perhitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di mana inflasi dan pertumbuhan ekonomi juga menjadi salah satu faktor yang diperhitungkan di dalam penetapan UMK ini yang dilakukan oleh Dewan Pengupahan Kota/Kabupaten atau Provinsi.

Halaman:

Editor: Bobby Darmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 09:46 WIB

Pemecatan Ferdy Sambo Sedang Diproses ke Setneg

Kamis, 22 September 2022 | 12:10 WIB

Jokowi Maju Wapres, Rocky Gerung: Konyol!

Rabu, 14 September 2022 | 12:54 WIB

Polda Metro Jaya Antisipasi Demo Buruh dan Mahasiswa

Selasa, 13 September 2022 | 11:35 WIB

Pakar Nilai Ada Pasal Karet dalam Aturan Kominfo

Senin, 18 Juli 2022 | 15:34 WIB
X