• Sabtu, 3 Desember 2022

Pujian DPR untuk Jokowi Meski Belum Pasti Ada Tindak Lanjut

- Kamis, 30 Juni 2022 | 17:59 WIB
Jokowi (kiri). (Dok Setpres.)
Jokowi (kiri). (Dok Setpres.)

TEROPONGPOLITIK.COM - Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon memuji upaya Presiden Joko Widodo terkait dengan diplomasi perdamaian antara Rusia dan Ukraina dengan harapan memengaruhi sikap kedua negara yang berperang.

"Mudah-mudahan ini berdampak pada perubahan sikap kedua negara tersebut," ujar Effendi Simbolon dalam diskusi di Gedung Nusantara III DPR RI, Jakarta, Kamis.

Effendi menilai Presiden Jokowi melakukan tahapan diplomasi yang mendasar dengan berupaya mengajak kedua negara untuk berdamai.

Baca Juga: Ancaman Kekurangan Gizi Akibat Harga Gandum Naik

Itu sekaligus menyampaikan aspirasi masyarakat dunia atas nama negara-negara berkembang dan posisinya sebagai Presidensi G20.

Upaya diplomasi itu sudah disampaikan kepada Presiden Ukraina. Pada saat ini Presiden Jokowi menuju ke Moskow, Rusia, untuk menyampaikan hal yang sama.

Effendi sendiri belum melihat apakah tahapan tersebut akan ada tindak lanjut ke tahapan diplomasi berikutnya, seperti menawarkan Indonesia sebagai mediator atau tempat di Indonesia.

Baca Juga: Sungai Lainjanji Meluap, Warga Sumba Timur NTT Kebanjiran

Hal itu, untuk melaksanakan perundingan antara Rusia dan Ukraina atau negara-negara G7 yang beranggotakan Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Firdaus Iwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengamat: Duet Anies - AHY Jadi Harapan Rakyat di 2024

Jumat, 18 November 2022 | 21:19 WIB

Lirik Lagu Inka Christie - Rela

Rabu, 16 November 2022 | 09:00 WIB

Cumburu! PDIP: Ada Udang di Balik Batu

Selasa, 15 November 2022 | 14:26 WIB
X