• Rabu, 28 September 2022

Pemekaran DOB Buka Peluang MAP Pimpin Daerahnya

- Selasa, 10 Mei 2022 | 15:34 WIB
Peta Papua  (google map)
Peta Papua (google map)

Teropongpolitik.com - Pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Papua membuka peluang bagi putra asli Papua memimpin daerahnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Human Studies Institute (HSI), Rasminto menyikapi kebijakan pemerintah yang mendorong DOB agar membuka peluang SDM asli Papua mampu memimpin di Papua.

"Kebijakan pembentukan DOB ini akan mengefektifkan tata administrasi pemerintahan, dan akan membuka peluang yang lebih besar bagi masyarakat asli Papua untuk mengabdikan diri bagi daerahnya," ungkap Rasminto dalam diskusi virtual bertajuk "Prospekif Pembangunan Papua di Era New Normal" Selasa (10/5).

Rasminto pun menyatakan bahwa perlu adanya akselerasi pembangunan di segala sektor di Papua, agar dapat memicu pertumbuhan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua.

Baca Juga: Info Jakarta: Puan Menang Telak dari Ganjar

“Perlu kita ketahui bahwa indeks pembangunan manusia (IPM) Papua tahun 2021 adalah 60,62 atau meningkat 0,18, namun angka ini lebih rendah dibanding tahun 2019 yakni 60,84 dan terendah dari 34 Provinsi lainnya. Kondisi IPM Papua ini jadi cerminan perlu adanya akselerasi pembanguan di segala sektor”, jelas Rasminto.

Lebih lanjut Rasminto menjelaskan pemekaran daerah otonomi baru menjadi momentum akselerasi pembangunan di Papua.

DOB di Papua merupakan momentum dalam akselerasi pembangunan tanah Papua, hal ini akan banyak memberikan kesempatan lebih besar kepada masyarakat Papua dalam memimpin, mengelola dan menjalankan program-program sesuai kearifan lokal Papua serta dapat mendorong daerah-daerah yang dimekarkan menjadi lebih maju di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatannya dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga semakin baik", ungkap Rasminto alumnus doktoral pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup UNJ.

Baca Juga: Hasil Survei: Prabowo Teratas, AHY Jadi Magnet Baru Di Pemilu 2024

Halaman:

Editor: Firdaus Iwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 09:46 WIB

Pemecatan Ferdy Sambo Sedang Diproses ke Setneg

Kamis, 22 September 2022 | 12:10 WIB

Jokowi Maju Wapres, Rocky Gerung: Konyol!

Rabu, 14 September 2022 | 12:54 WIB

Polda Metro Jaya Antisipasi Demo Buruh dan Mahasiswa

Selasa, 13 September 2022 | 11:35 WIB

Pakar Nilai Ada Pasal Karet dalam Aturan Kominfo

Senin, 18 Juli 2022 | 15:34 WIB
X