• Rabu, 28 September 2022

PUSKAPPI Ungkap Wacana Penundaan Pemilu 2024, Skenario Istana dan Luhut

- Senin, 14 Maret 2022 | 23:29 WIB
Maizal Alfian Direktur Eksekutif PUSKAPPI (Teropongpolitik.com)
Maizal Alfian Direktur Eksekutif PUSKAPPI (Teropongpolitik.com)


Teropongpolitik.com
- Penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi pembahasan hangat dalam ranah perpolitikan di Indonesia.

Hal itu diketahui dari beberapa tokoh dan tubuh pemerintah yang mengeluarkan statment bahwa rencana penundaan pemilu akan dilaksanakan, dan dari beberapa tokoh ada yang mengatakan bahwa penundaan pemilu sangat bertentangan dengan konstitusi UUD 1945 dan keputusan final reformasi.

Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kebijakan Publik Pemerintah Indonesia (Puskappi) Maizal Alfian mengatakan rencana penundaan pemilu dianggap skenario istana dan Luhut Binsar Panjaitan (LBP)

"Rencana penundaan pemilu dianggap skenario istana dan Luhut Binsar Panjaitan (LBP), diawali saat Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengucapkan bahwa para pengusaha menginginkan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden karena faktor stabilitas ekonomi, namun tidak ada satupun pengusaha yang mengucap kalimat tersebut secara terbuka," papar Maizal.

"Skenario kedua, ketika Ketua Umum Partai PKB Muhaimin Iskandar menginginkan penundaan pemilu dengan anggapan keinginan masyarakat yang sangat puas terhadap kinerja pemerintah atau presiden Jokowi," lanjutnya.

Skenario ketiga, saat Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto tanpa adanya rapat kepengurusan DPP mengatakan saat kunjungan ke kelompok petani sawit di daerah Kampung Libo Jaya, Siak, Provinsi Riau bahwa para petani menginginkan perpanjangan masa jabatan presiden Jokowi

Skenario keempat yaitu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang ikut ingin memperpanjang masa jabatan presiden karena kondisi Invansi Rusia ke Ukraina yang berdampak pada perkembangan ekonomi dunia dan Indonesia.

Skenario kelima pernyataan langsung dari LBP terkait big data berisi 110 juta pengguna media sosial yang mempunyai aspirasi perihal penundaan Pemilu 2024.

Menurut Alfian, Isu rencana perpanjangan dan penundaan pemilu 2024 justru tidaklah sesuai dengan pernyataan dari presiden yang menyatakan akan tetap berpegang teguh kepada konstitusi dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tentang masa jabatan presiden dua periode.

Analisa Puskappi soal Capres dan Cawapres Pemilu 2024

Halaman:

Editor: Bobby Darmanto

Tags

Terkini

KPK Geledah Gedung Mahkamah Agung

Sabtu, 24 September 2022 | 09:46 WIB

Pemecatan Ferdy Sambo Sedang Diproses ke Setneg

Kamis, 22 September 2022 | 12:10 WIB

Jokowi Maju Wapres, Rocky Gerung: Konyol!

Rabu, 14 September 2022 | 12:54 WIB

Polda Metro Jaya Antisipasi Demo Buruh dan Mahasiswa

Selasa, 13 September 2022 | 11:35 WIB

Pakar Nilai Ada Pasal Karet dalam Aturan Kominfo

Senin, 18 Juli 2022 | 15:34 WIB
X