• Senin, 28 November 2022

Demokrat: Audit Suluruh BUMN Bermasalah

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:12 WIB
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan.  (ANTARA/HO)
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan. (ANTARA/HO)

Teropongpolitik.com, Jakarta - Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan, mendesak pemerintah untuk menggelar audit terhadap seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bermasalah dan mendapat suntikan dana pemerintah.

Permintaan itu diungkapkan Syarief Hasan dalam merepons pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut BUMN terlalu keenakan mendapat suntikan dana, namun sebagian BUMN itu masih bermasalah.

"Pemerintah harus melakukan audit total terhadap BUMN-BUMN khususnya yang sudah pernah dapat suntikan dana Pemerintah yang ada sehingga dapat memilah BUMN yang baik dan bermasalah," papar Syarief dalam rilis tertulisnya.

Syarief Hasan menilai, pemerintah belum konsisten dalam mengelola BUMN. "Selama ini, BUMN-BUMN selalu disuntik dengan dana PMN setiap kali sakit. Lalu, Presiden menyebut bahwa BUMN terlalu keenakan padahal Pemerintah-lah yang menyuntikkan dana," ucapnya.

Baca Juga: Megawati Gelorakan Pembangunan Desa, 'Bajak' Peran PKB?

Dirinya berpendapat, suntikan dana terhadap BUMN juga belum menyelesaikan persoalan yang dihadapi BUMN.

"Persoalan utama BUMN itu terletak pada manajemen pengelolaannya sehingga BUMN tersebut tidak untung dan malah merugi. Sehingga, solusinya adalah perbaikan manajemen, bukan suntikan dana setiap merugi," tegas Syarief.

Mantan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu II ini melanjutkan, banyak BUMN yang disuntikkan dana namun masih terus merugi.

Pria kelahiran Palopo, Sulawesi Selatan itu lantas memberi perhatian kepada beberapa BUMN yang bermasalah, meski sudah disuntik Penyertaan Modal Negara atau PMN.

Halaman:

Editor: Dani Priatno PIN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengamat: Duet Anies - AHY Jadi Harapan Rakyat di 2024

Jumat, 18 November 2022 | 21:19 WIB

Lirik Lagu Inka Christie - Rela

Rabu, 16 November 2022 | 09:00 WIB

Cumburu! PDIP: Ada Udang di Balik Batu

Selasa, 15 November 2022 | 14:26 WIB

Bamsoet Ajak HIPKA KAHMI Kembangkan Ekonomi Nasional

Senin, 31 Oktober 2022 | 15:44 WIB
X