• Sabtu, 3 Desember 2022

Azyumardi Azra Beri Masukkan Golkar Jelang Pemilu 2024

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 22:38 WIB
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azramardi (LIPI)
Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azramardi (LIPI)

TEROPONG POLITIK - Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra menyarankan Partai Golkar untuk meningkatkan "Political Marketing" menjelang Pemilu 2024.

"Harus ditingkatkan political marketing apalagi di zaman medsos seperti ini, apa saja harus dipasarkan, political marketing-nya harus mantap. Harus lebih banyak lagi influencer-nya, mungkin bukan buzzer-lah tapi influencer," kata Azyumardi dalam seminar daring nasional bertema "Dua Dasawarsa Kemenangan Golkar 2004-2024" dikutip dari Pikiran Rakyat.

Menurut dia, meningkatkan Political Marketing Partai Golkar terhadap calon presiden yang akan diusungnya.

Baca Juga: Pemerintah Harus Beri Atensi kepada Relawan RHL Untia

Political marketing yang baik, kata Azyumardi, telah dilakukan Golkar ketika dipimpin oleh Akbar Tanjung. Saat itu pemberitaan tentang Golkar bertone negatif.

Namun, hal tersebut justru berdampak positif bagi Partai Golkar yang keluar sebagai pemenang Pemilu 2004 dengan perolehan suara sebesar 21,58 persen. Kecerdasan para pengurus saat itu yang dapat memanfaatkan masifnya pemberitaan, menjadi ajang untuk mempromosikan partai.

"Tadi sudah dikeluarkan oleh Bang Akbar, dihujat-dihujat, tapi kemudian Golkar muncul dengan paradigma baru. Paradigma baru itu juga pendekatannya, pendekatan politik baru dan kemudian orientasi pasar politik berjangkauan luas political marketing," ujar paparnya.

Baca Juga: Moeldoko Bagi-Bagi Uang dan Ponsel Sebelum KLB Deli Serdang, Demokrat: Pengacara Penggugat Tak Bisa Membantah

Oleh karena itu, Partai Golkar harus menampilkan figur yang bersih dalam Pilpres 2024 di tengah beberapa tokohnya yang tertangkap oleh KPK karena kasus dugaan korupsi.

Halaman:

Editor: Firdaus Iwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengamat: Duet Anies - AHY Jadi Harapan Rakyat di 2024

Jumat, 18 November 2022 | 21:19 WIB

Lirik Lagu Inka Christie - Rela

Rabu, 16 November 2022 | 09:00 WIB

Cumburu! PDIP: Ada Udang di Balik Batu

Selasa, 15 November 2022 | 14:26 WIB
X