• Sabtu, 3 Desember 2022

Bamsoet: Pemindahan Ibu Kota Negara Harus Diperkuat Dengan PPHN

- Kamis, 30 September 2021 | 18:46 WIB
Bamsoet. (mpr.go.id)
Bamsoet. (mpr.go.id)

TEROPONG POLITIK - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan setelah Presiden Joko Widodo mengirimkan Surat Presiden tentang Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN), proses pembangunan sekaligus pemindahan Ibu Kota Negara tersebut juga perlu diperkuat payung hukumnya melalui Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Mengingat pengerjaan proyek tersebut tidak hanya selesai dikerjakan pada akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo saja. Melainkan harus diteruskan oleh presiden penggantinya.

"Keberadaan RUU IKN yang terdiri dari 34 pasal dan 9 bab tersebut masih rawan diganti oleh Perppu. Karenanya perlu diperkuat melalui PPHN."

Baca Juga: Maria Vania Ingat Pesan Menyentuh Tukul Arwana Sebelum Terbaring di ICU

"Sehingga siapapun presiden terpilih pada Pemilu 2024, progres pengerjaan dan pemindahan Ibu Kota Negara tetap menjadi priorotas yang harus diselesaikan," ujar Bamsoet dalam Focus Group Discussion (FGD) 'Pembangunan Perkotaan dan Perumahan' yang diselenggarakan Indonesia-Korea Network untuk Ibu Kota Negara (IKN untuk IKN), secara virtual dari Ruang Kerja Ketua MPR RI, di Jakarta, Kamis (30/9/21).

Turut serta antara lain Duta Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia H.E. Mr. Park Tae-sung, Ketua National Agency for Administrative City Construction Korea (yang membawahi proyek pemindahan ibu kota di Korea) Mr. Mooik Park, Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/BAPPENAS Rudy Prawiradinata, Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan Kementerian PUPR Edward Abdurahman, Wakil Ketua Umum DPP Realestat Indonesia Bidang Hubungan Luar Negeri Rusmin Lawin. 

Hadir pula para anggota IKN untuk IKN, antara lain Anggota DPR RI Robert Joppy Kardinal, Anggota DPR RI Harum Rudy Mas’ud, Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud, dan Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Dumoly Freddy Pardede.

Baca Juga: Terima Aliansi Kebangsaan, Bamsoet Ajak Implementasikan Nilai-Nilai Kebangsaan

Ketua DPR RI ke-20 ini mengungkapkan, dua hari lalu dirinya mendengar kabar baik dari Kota Sejong, Korea, bahwa gedung Majelis Nasional baru akan dibangun di Kota Sejong melalui amandemen Undang-Undang Majelis Nasional di Korea. Keputusan penting bagi Kota Sejong untuk menjadi ibukota administratif. 

Halaman:

Editor: Firdaus Iwan

Sumber: MPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengamat: Duet Anies - AHY Jadi Harapan Rakyat di 2024

Jumat, 18 November 2022 | 21:19 WIB

Lirik Lagu Inka Christie - Rela

Rabu, 16 November 2022 | 09:00 WIB

Cumburu! PDIP: Ada Udang di Balik Batu

Selasa, 15 November 2022 | 14:26 WIB
X