• Senin, 3 Oktober 2022

Survei: Cawapres Terkuat Sandiaga, RK, Erik dan AHY, Nama Puan Merangsek Naik di Posisi Ini

- Selasa, 14 Juni 2022 | 10:19 WIB
Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil (Ig @sandiuno dan @ridwankamil)
Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil (Ig @sandiuno dan @ridwankamil)

TERPONGPOLITIK.COM - Hasil survei Charta Politika Indonesia menunjukkan bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki tingkat keterpilihan atau elektabilitas yang tinggi sebagai calon wakil presiden (cawapres).

"Bisa saya sebutkan ada dua nama yang paling menyita perhatian karena sudah masuk di dua digit, yaitu Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam acara Rilis Survei Charta Politika: Membaca Situasi Politik dan Konstelasi Elektoral Pasca-Rakernas Projo, yang disiarkan di platform Zoom Meeting, dipantau dari Jakarta, Senin.

Baca Juga: Partai Agamis Tak Masuk? Nasdem Inginkan Berkoalisi dengan Partai Se-Visi, Merapat ke Demokrat?

Dalam simulasi elektabilitas wakil presiden, Sandiaga Uno memperoleh persentase elektabilitas tertinggi sebesar 27,6 persen.

Sedangkan Ridwan Kamil yang berada di posisi kedua memperoleh persentase elektabilitas sebesar 16,5 persen dari responden.

Yunarto berspekulasi bahwa selisih tersebut diakibatkan oleh Sandiaga Uno yang sudah pernah maju sebagai calon wakil presiden pada pemilihan umum sebelumnya, yakni Pemilu 2019.

Baca Juga: Wikipedia Tolak Keputusan Pengadilan Moscow Untuk Menghapus Informasi Perang Ukraina

Riwayat tersebut menyebabkan Sandiaga Uno memiliki citra yang lekat sebagai seorang wakil presiden apabila dibandingkan dengan nama lainnya.

"Cawapres saya pikir tidak lagi dilihat sebagai faktor pelengkap, tetapi akan menentukan faktor kemenangan," tuturnya.

Halaman:

Editor: Firdaus Iwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X