• Kamis, 2 Februari 2023

Istana: Jangan "Nge-prank" Aparat Penegak Hukum

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:38 WIB
PAsangan Baim-Paula minta maaf kepada polisi terkait konten prank laporan KDRT yang mereka buat. (Instagram @baim.paulla_)
PAsangan Baim-Paula minta maaf kepada polisi terkait konten prank laporan KDRT yang mereka buat. (Instagram @baim.paulla_)

 

TEROPONGPOLITIK.COM - Dini Purwono, Staf Presiden Bidang Hukum, meminta masyarakat agar lebih cerdas dalam menyikapi pelaporan atas tindakan yang melanggar hukum.

Selain itu, Dini meminta masyarakat sebaiknya tidak membiasakan membuat laporan hukum sebagai tindakan lelucon atau prank.

"Jangan dibiasakan 'nge-prank' aparat penegak hukum dan pengadilan dengan gugatan yang mengada-ada dan tidak berdasar," kata Dini dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan pada Selasa (4/10/2022).

"Sumber daya di ranah aparat penegak hukum dan pengadilan digunakan dengan sebagaimana mestinya. Jangan dihabiskan hanya untuk menangani hal remeh temeh yang tujuannya sekedar mencari sensasi atau menimbulkan provokasi," tambahnya lagi.

Baca Juga: AHY Teratas Elektabilitas Cawapres 2024

Selain itu, Dini juga berharap agar aparat penegak hukum dan hakim-hakim semakin hari semakin cerdas. Salah satunya, mampu memilah mana aduan atau gugatan bersubtansi hukum dan mana yang tidak.

"Aparat penegak hukum harus bisa menyusun skala prioritas dengan benar. Perlu ditegakkan sanksi bagi pihak-pihak yang menyampaikan laporan/gugatan asal-asalan yang tidak berdasar," lanjut Dini.

Mengarah ke Baim Paula

Meskipun Dini tidak menjelaskan secara tegas konteks pernyataannya, namun dapat dinilai, pernyataannya tersebut dilakukan di mana baru-baru ini publik Indonesia dibuat prihatin dengan konten prank yang dibuat YouTuber Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven.

Halaman:

Editor: Firdaus Iwan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wow! Gaji Ferdy Sambo 35 Juta Biaya Bulanan 600 Juta

Jumat, 25 November 2022 | 16:44 WIB

Istana: Jangan "Nge-prank" Aparat Penegak Hukum

Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:38 WIB

Draft KUHP Tidak Terbuka, BEM UI Demo di DPR

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:05 WIB
X