• Senin, 3 Oktober 2022

Tiga Kepala Daerah di Pegunungan Papua Sepakat Dorong Perdamaian

- Rabu, 12 Januari 2022 | 15:29 WIB
Ilustrasi perang suku Papua. Foto: Istimewa
Ilustrasi perang suku Papua. Foto: Istimewa

Teropongpolitik.com - Tiga kepala daerah di wilayah pegunungan Papua, yakni Kabupaten Jayawijaya, Nduga dan Lanny Jaya, sepakat untuk mendorong perdamaian.

ketiga kepala daerah sepakat mereka tidak ingin perang suku terjadi lagi di Papua.

Langkah untuk mendorong perdamaian itu dibahas dalam rapat koordinasi bersama TNI-Polri, bertempat di Gedung Otonom Wenehule Huby, Distrik Wamena Kota, Kabupaten Jayawijaya, Selasa 11 Januari 2022.

Rapat ini digelar untuk mengakhiri konflik antara masyarakat penduduk IIekma dengan penduduk Wouma yang terjadi beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pernyataan Luhut Hadapi Puncak Omicron di Indonesia

Kegiatan itu diikuti Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon R Banua, Bupati Lanny Jaya Befa Jigibalom, Bupati Nduga Wentius Nimiangge, Dirintelkam Polda Papua Kombes Pol Tigor Hutapea, Direskrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Ramadani, Dansat Brimob Polda Papua Kombes Pol Budi, Dandim 1702/JWY Letkol Inf Arif Budi Situmeang, Kapolres Jayawijaya AKBP Muh. Safeei, dan Danyonif 756/WMS Letkol Inf Tommy Yudistio.

Pada rapat itu, ketiga bupati sepakat untuk mengakhiri konflik antarmasyarakat. Mereka juga akan melakukan berbagai upaya untuk mendamaikan kedua kelompok sehingga tidak ada lagi konflik yang berkelanjutan.

Ketiga bupati berharap agar aparat keamanan dari TNI-Polri tidak memberikan ruang dan kesempatan kepada masyarakat untuk bertikai. Konflik yang telah mengakibatkan jatuh korban jiwa dan puluhan orang luka-luka harus dihentikan.

Baca Juga: Menkes Ungkap Upaya Hadapi Omicron di Indonesia

Halaman:

Editor: Bobby Darmanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Draft KUHP Tidak Terbuka, BEM UI Demo di DPR

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:05 WIB

Ngeri! Dept Collector Bawa Airsoft Gun dan Taser Gun

Selasa, 11 Januari 2022 | 21:42 WIB

Korupsi PT Garuda Indonesia, Kejagung Turun Tangan

Selasa, 11 Januari 2022 | 21:37 WIB

Polres Jaksel Tangkap Artis Dangdut VU Karena Narkoba

Senin, 10 Januari 2022 | 15:52 WIB
X