• Senin, 28 November 2022

Puan Maharani: Segera Audit Sistem Pengamanan Kilang Pertamina

- Selasa, 16 November 2021 | 21:02 WIB
Prihatin dengan insiden terbakarnya tangka kilang di Cilacap pada Minggu (14/11/2021) lalu, Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meminta PT Pertamina (Persero) untuk segera audit sistem pengamanan di setiap kilang minyak yang dimiliki. (Humas DPR RI (Dok/Man))
Prihatin dengan insiden terbakarnya tangka kilang di Cilacap pada Minggu (14/11/2021) lalu, Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meminta PT Pertamina (Persero) untuk segera audit sistem pengamanan di setiap kilang minyak yang dimiliki. (Humas DPR RI (Dok/Man))

TEROPONG POLITIK - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta PT Pertamina (Persero) untuk segera melakukan audit sistem pengamanan di setiap kilang minyak yang dimiliki. Beruntungnya, Puan melanjutkan, dirinya bersyukur tidak ada korban jiwa dari kebakaran kilang minyak tersebut.

“Kami atas nama pimpinan DPR RI merasa prihatin dengan kebakaran di kilang minyak Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, beberapa hari lalu. Seperti kita ketahui, ini bukan kejadian pertama kebakaran kilang Pertamina di 2021,” tegas Puan dalam keterangan persnya pada Senin, 15 November 2021.

Menurutnya, insiden kebakaran yang sering terjadi di kilang milik Pertamina ini dinilai perlu penanganan khusus.

Selain itu, Puan menyarankan, Pertamina juga harus mengevaluasi manajemen risiko serta melaksanakn investigasi menyeluruh untuk memastikan kembali sistem keamanan dan keselamatan pekerja sekaligus masyarakat di sekitar kilang.

Baca Juga: Satgas Covid-19: Sepekan Terakhir Pasien di Wisma Atlet Terjadi

"Seringnya kebakaran di kilang minyak Pertamina memerlukan evaluasi mendalam. Harus ada audit sistem pengamanan di kilang-kilang minyak milik Pertamina sehingga bisa ditemukan apa persoalannya agar bisa segera diatasi. Kami berharap ada investigasi menyeluruh dan evaluasi total sehingga tidak lagi terjadi di kemudian hari,” tutur politisi PDI-Perjuangan bernama asli.

Sejumlah pihak mengungkap indikasi terbakarnya kilang minyak sering terjadi akibat PT Pertamina abai soal pengamanan kilang.

Mengetahui hal tersebut, tidak cukup meminta penjelasan, Puan ingin kasus tersebut diserahkan kepada pihak kepolisian.

“Pertamina harus bisa memberi penjelasan kepada masyarakat mengapa sering sekali terjadi kebakaran di kilang minyak miliknya. Sebab hal ini telah menimbulkan kegelisahan publik dan berbagai spekulasi. Lalu, Usut tuntas penyebab kebakaran ini. Jika memang ditemukan ada oknum-oknum yang sengaja melakukan pembakaran, harus diproses sesuai ketentuan hukum yang berlalu” tutur wanita kelahiran 6 September 1973 itu.

Halaman:

Editor: Dani Priatno PIN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HP 5G Paling Dicari di Tahun 2022

Minggu, 26 Desember 2021 | 17:05 WIB

HP 5G Paling Ditunggu di Awal Tahun 2022

Minggu, 26 Desember 2021 | 08:00 WIB

Kisah Inspiratif Pengusaha UMKM Surabaya

Minggu, 19 Desember 2021 | 11:52 WIB
X