• Sabtu, 3 Desember 2022

Menhan AS Bertemu dengan Menhan RI, Berikut Isi Pembicaraannya

- Senin, 24 Oktober 2022 | 16:58 WIB
Menhan RI Prabowo Subianto (kiri) & Menhan AS Lloyd J. Austin III, bahas kerjasama pertahanan, Kamis (20/10/2022). (Dok. Kemenhan)
Menhan RI Prabowo Subianto (kiri) & Menhan AS Lloyd J. Austin III, bahas kerjasama pertahanan, Kamis (20/10/2022). (Dok. Kemenhan)

TEROPONGPOLITIK.COM - Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd J. Austin III bertemu dengan Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2022 yang dilakukan di Gedung Pentagon, Virginia, Amerika Serikat.

Berdasarkan keterangan pers, kedatangan Prabowo langsung disambut Austin dan jajaran kehormatan prajurit bersenjata AS. Para prajurit memberi hormat senjata kepada Prabowo sebelum memasuki area Gedung Pentagon.

Lantas, apa isi pembicaraan petinggi kedua institusi pertahanan negara tersebut?

Sekretaris Pers Pentagon, Brigjen (Udara) Pat Ryder, sesuai rilis yang dilansir situs US Embassy Jakarta, memberikan rangkuman hasil pertemuan tersebut.

Baca Juga: Video 'Jokowi Ogah Dipeluk Surya Paloh' Viral, Nasdem: Narasi Berlebihan

Menurut Pat Ryder, pertemuan tersebut untuk membahas peluang kesepakatan lebih lanjut antara Amerika Serikat dan Indonesia, mengingat kedua negara ingin mewujudkan visi bersama tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, serta membahas berbagai isu yang menjadi perhatian global.

Menhan Austin menyampaikan apresiasi atas peran kepemimpinan Indonesia di ASEAN, di Indo-Pasifik, dan di dunia. Kedua menteri menekankan pentingnya kerja sama yang berkelanjutan, mengingat dinamika keamanan regional yang semakin kompleks.

Untuk mendukung tujuan ini, Menhan Austin menyatakan keinginannya untuk terus membantu memodernisasi militer Indonesia dan untuk memperkuat interoperabilitas antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Kedua, Menhan membahas kemajuan signifikan kerja sama pertahanan AS-Indonesia, termasuk perluasan cakupan latihan "Super" Garuda Shield digelar pada musim panas ini, yang merupakan latihan terbesar yang pernah dilakukan antara kedua negara.

Halaman:

Editor: Dani Priatno PIN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lula da Silva Kembali Memimpin Brasil

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:58 WIB

Ancaman Kekurangan Gizi Akibat Harga Gandum Naik

Kamis, 30 Juni 2022 | 17:53 WIB

Prancis Temukan Jenis Baru Covid-19, 'Varian IHU'

Selasa, 4 Januari 2022 | 12:18 WIB

Taliban Bubarkan Komisi Pemilihan Afganistan

Minggu, 26 Desember 2021 | 16:29 WIB
X