• Senin, 28 November 2022

Insiden USS Connecticut, Ketegangan Nyata AS dan China di Indo-Pasifik

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 17:28 WIB
USS Connecticut (Andi)
USS Connecticut (Andi)

Teropongpolitik.com - Sebuah kapal selam bertenaga nuklir AS menabrak sebuah objek di bawah air di Laut China Selatan pada hari Sabtu, 2 Oktober 2021 lalu. Berita tersebut dilansir dua pejabat pertahanan Amerika Serikat.

"Sejumlah pelaut di kapal USS Connecticut terluka dalam kecelakaan itu," demikian dikatakan para pejabat pertahanan AS.

Namun dari kejadian tersebut tak satu awak kapal mengalami cedera yang mengancam jiwa, seperti dilansir dari pernyataan Armada Pasifik Amerika Serikat. Tidak jelas apa yang mungkin ditabrak oleh kapal selam kelas Seawolf saat tenggelam.

"Kapal selam tetap dalam kondisi aman dan stabil. Pembangkit tenaga nuklir dan ruang angkasa USS Connecticut tidak terpengaruh dan tetap beroperasi penuh. Insiden itu akan diselidiki," kata pernyataan itu.

Baca Juga: Indo-Pasifik Memanas, Aukus Inisiasi Delapan Kapal Selam Nuklir untuk Australia

Walau Angkatan Laut AS tidak merinci insiden itu terjadi di Laut China Selatan atau bukan, namun berdasarkan informasi yang berkembang, insiden terjadi di perairan internasional di kawasan Indo-Pasifik.

Ketegangan Indo-Pasifik meningkat

Kecelakaan itu terjadi ketika ketegangan antara AS dan China meningkat karena serangan militer China ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara (Air Defense Identification Zone/ADIZ) Taiwan.

USS Connecticut beroperasi di perairan sekitar Laut Cina Selatan ketika AS dan sekutunya telah melakukan unjuk kekuatan multinasional besar di wilayah yang dipimpin oleh Carrier Strike Group 21 Inggris (British CSG21).

Halaman:

Editor: Dani Priatno PIN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lula da Silva Kembali Memimpin Brasil

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:58 WIB

Ancaman Kekurangan Gizi Akibat Harga Gandum Naik

Kamis, 30 Juni 2022 | 17:53 WIB

Prancis Temukan Jenis Baru Covid-19, 'Varian IHU'

Selasa, 4 Januari 2022 | 12:18 WIB

Taliban Bubarkan Komisi Pemilihan Afganistan

Minggu, 26 Desember 2021 | 16:29 WIB
X